UPACARA PERINGATAN HARI IBU KE – 91 DI RUTAN KLAS IIB LABUHAN DELI

Labuhan Deli,23/12/2019

Ada hal yang menarik pada upacara kali ini dimana seluruh petugas upacara adalah pegawai wanita Rutan Labuhan Deli. Sebagai Inspektur Upacara yaitu Kasubsie Pengelolaan Ibu Tetty Ernawati Siahaan, Dengan Tema “Perempuan Berdaya Indonesia Maju”demikian tema Peringatan Hari Ibu Ke-91 Tahun 2019. Hari Ibu dimaknai sebagai hari kebangkitan perempuan Indonesia dan merupakan persatuan dan kesatuan kaum perempuan yang tidak terpisahkan dari kebangkitan dan perjuangan bangsa. Perempuan memiliki hak asasi yang sama dan integral dengan hak asasi manusia. Oleh karena itu perlu dipelihara kodrat, harkat dan martabatnya sebagai Ibu Bangsa yang berhasil membina keluarga yang harmonis dan sejahtera.

Perjuangan perempuan agar bebas dari segala bentuk tindak kekerasan, diwujudkan dalam bentuk kesetaraan dan keadilan dalam segenap aspek kehidupan. Hal ini perlu diupayakan setiap waktu. Kelanjutan perjuangan persatuan kaum perempuan Indonesia selalu diperingati pada setiap tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu. “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju” menjadi penyemangat bahwa Kaum perempuan Indonesia tidak hanya menjadi pengguna hasil pembangunan, namun juga ikut berperan melaksanakan dan berpartisipasi di segenap aspek pembangunan nasional. Peran politik berarti ikut serta dalam proses pengambilan keputusan dalam upaya membentuk keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Peringatan Hari Ibu tahun 2019 adalah Peringatan Hari Ibu yang ke 91 kalinya. Sudah 91 tahun sejak Kongres Perempuan Indonesia pertama pada tanggal 22 – 25 Desember 1928 di Yogyakarta. Salah satu keputusan Kongres Perempuan Indonesia tersebut adalah membentuk organisasi PPPI yang kepanjangannya adalah Perikatan Perkoempoelan Perempoean Indonesia. Hari Ibu ditetapkan pertama kali oleh Presiden Sukarno pada tanggal 16 Desember 1959 di Jakarta dengan Kepres Nomor 316 tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang bukan hari libur.

Peringatan Hari Ibu ke 91 tahun 2019 dengan tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju” pelaksanaannya didasarkan dari Keputusan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ( I Gusti Ayu Bintang Darmawati Menteri PP dan PA) Nomor 196 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan dan Pembentukan Panitia Nasional Peringatan Hari Ibu ke-91 tahun 2019. Menunjuk Vennetia R. Danes dari Kemen PPPA menjadi Ketua Umumnya. Untuk kemudian pada pokoknya Panitia Penyelenggara Peringatan Hari Ibu Ke-P1 menyusun pedoman penyelenggaraan PHI Ke-91 Tahun 2019 bagi penyelenggaraan peringatan di seluruh wilayah Indonesia dan di seluruh Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, dan melaksanakan PHI Ke-91 Tahun 2019 dengan Tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju

Puncak acara PHI ke-91 akan dilaksanakan di Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah, sedangkan pelaksanaan di provinsi, kabupaten/kota dan perwakilan Indonesia di luar negeri diselenggarakan berdasarkan pedoman ini, serta disesuaikan dengan kondisi dan situasi setempat. Keterlibatan semua pihak dalam PHI ke-91 akan memperkuat dan mendorong tekad dan perjuangan kaum perempuan Indonesia.

Dalam Kepmen PPPA Nomor Nomor 196 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan dan Pembentukan Panitia Nasional Peringatan Hari Ibu ke-91 tahun 2019 tersebut diagendakan bahwa rangkaian acara Peringatan Hari Ibu ke-91 akan dipusatkan dalam sebuah Pekan Perempuan Berdaya, Indonesia Maju yang didalamnya terdiri dari rangkaian kegiatan yang meliputi: Bincang Bintang, Vlog Festival Perempuan Berdaya, PPPA Edu_Aksi, She-nergi Kreasi, Perempuan Bahagia (Bergerak Bagi Bangsa), Ziarah ke TMP, Ekspose (Ekshibisi Karya Perempuan Se-Indonesia), Press Conference, dan Acara Puncak PHI ke-91.

Kepmen PPPA Nomor Nomor 196 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan dan Pembentukan Panitia Nasional Peringatan Hari Ibu ke-91 tahun 2019 ditetapkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati pada tanggal 18 November 2019 di Jakarta.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *