Pembinaan Kepribadian

Pembinaan kepribadian adalah proses pembinaan warga binaan rutan dengan cara kegiatan siraman rohani yang berkaitan langsung dengan keagamaan dan spiritual warga binaan, pembinaan kesadaran terhadap agama dan kepercayaan masing-masing agar warga binaan bisa sadar akan kesalahan dan tindakan yang pernah mereka lakukan dimasa lalu. Pembinaan kepribadian bertujuan diharapkan kepada para warga binaan rutan bisa taubat dan tidak mengulangi kesalahan atau tindakan kejahatan lainya yang menyebabkan mereka terjerumus kedalam dunia kehidupan kriminal (Life Of Crime). Berbeda dengan pembinaan kemandirian, pembinaan kepribadian lebih mengarah kepada Ibadah keagamaan berdasarkan kepercayaan.

  • Pembinaan kepribadian Islam

Di Rutan Kelas I Labuhan Deli sudah berdiri Masjid Al-Ikhlas, di Masjid ini kegiatan pembinaan kepribadian secara religious dilakukan oleh warga binaan Rutan Kelas I Labuhan Deli bersamaan dengan pegawai rutan yang bertugas untuk mengawasi dan menilai perkembangan warga binaan dan juga memastikan kelancaran kegiatan program pembinaan, kegiatan-kegiatan pembinaan kepribadian itu berupa membaca Al-quran dan Iqra bagi, mereka yang belum bisa baca Al-quran maka diajarkan Iqra terlebih dahulu, yang dipelajari berupa dasar tajwid, memahami arti, bacaan panjang dan pendek bertujuan untuk kelancaran membaca Al-quran. Selain membaca Al-quran dan Iqra di rutan juga menghafal bacan dan niat sholat serta tatacara wudu yang benar agar sholat warga binaan menjadi lebih sempurna, pelaksanaan sholat dilakukan di Masjid rutan diwajibkan bagi warga binaan muslim untuk ikut sholat berjamaah pada waktu sholat Dzuhur dan sholat Jumat. 

  • Pembinaan kepribadian Kristen

Kegiatan pembinaan kepribadian warga binaan yang beragama Kristen dan Katholik dilakukan di dalam Gereja Immanuel Rutan Kelas I Labuhan Deli dilengkapi dengan Alkitab. Ibadah dimulai dari pukul 09.00-12.00 WIB, ibadah dilakukan setiap hari, Ibadah dipimpin oleh petugas Lapas karena masa pandemi yang sebelumnya bekerja sama dengan Gereja luar rutan di pimpin oleh penceramah khotbah atau ahli agama kristen untuk memberikan nasehat dan menyampaikan firman tuhan.

  • Pembinaan kepribadian Budha

Sama halnya seperti pembinaan kepribadian yang dilakukan warga binaan lainnya. Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Kelas I Labuhan Deli yang beragama Budha ini pun tetap diberikan siraman rohani, mereka tetap menjalankan ibadah walaupun hanya menggunakan rekaman dari kotak musik. Karena mengingat pandemi yang terjadi tidak boleh ada orang yang masuk ke lingkungan rutan terlebih dahulu untuk mencegah penyebaran virus kedalam rutan. Warga binaan menyadari semua aturan yang dibuat itu guna melindungi mereka juga dari ancaman Covid-19. Tetapi walapun begitu mematahkan semangat mereka untuk tetap sama, karena merupakan rutinitas mereka setiap hari. Warga binaan menyampaikan banyak terima kasih kepada petugas khususnya kepala rutan karena tetap memfasilitasi untuk berdoa.